Rabu, Desember 17, 2008

Ujian Nasional 2009: Soal Tiap Provinsi Berbeda

Surabaya, Kompas - Soal ujian nasional tahun 2009 dipastikan berbeda antara satu provinsi dan provinsi lainnya. Namun, standar kelulusan dan nilai terendah untuk seluruh provinsi tetap sama.

Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Djemari Mardapi mengungkapkan, 25 persen soal UN dibuat oleh BNSP. Sisanya dibuat oleh masing-masing provinsi dengan pengawasan BSNP. ”Nanti akan dibuat oleh guru-guru senior yang sudah dinyatakan layak oleh BSNP,” ujarnya dalam sosialisasi UN 2009 di Surabaya, Selasa (16/12).

BSNP akan membuat standar kompetensi lulus (SKL) dan kisi-kisi sama untuk semua provinsi. Dari SKL dan kisi-kisi akan diterjemahkan menjadi paket soal oleh masing-masing tim pembuat di provinsi. ”Materi antara lain akan berisi irisan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dan kurikulum berbasis kompetensi (KBK),” ujarnya.

Untuk nilai rata-rata terendah, batas tahun depan lebih tinggi 0,25 poin dibandingkan tahun ini. Tahun depan nilai rata-rata minimal setiap peserta harus 5,50. ”Ini untuk memacu semangat belajar siswa. Standar ini berlaku untuk semua peserta UN dan UASBN (ujian akhir sekolah berstandar nasional),” ujarnya.

Rangkaian UN dan UASBN 2009 akan dimulai pada 20 April 2009. SMA dan sekolah sederajat akan lebih dahulu ujian pada 20-24 April 2009 untuk ujian pertama dan 27 April hingga 1 Mei untuk ujian susulan. UN SMP dan sekolah sederajat diselenggarakan pada 27-30 April 2009 dan ujian susulan pada 4-7 Mei 2009. Adapun UASBN SD diselenggarakan pada 11-13 Mei 2009 dan ujian susulan pada 18-22 Mei 2009.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Timur Rasiyo mengungkapkan, sampai sekarang SMK belum menerima kisi-kisi ujian produktif. Padahal, waktu ujian kurang dari tiga bulan lagi. (RAZ)

sumber : Kompas dan Klub Guru Indonesia

1 komentar:

AMISHA mengatakan...




Saya selalu berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan peminjam yang meminjamkan uang tanpa membayar terlebih dahulu.

Jika Anda mencari pinjaman, perusahaan ini adalah semua yang Anda butuhkan. setiap perusahaan yang meminta Anda untuk biaya pendaftaran lari dari mereka.

saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah SUZAN INVESTMENT COMPANY. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir Rp15 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

Pembayaran yang fleksibel,
Suku bunga rendah,
Layanan berkualitas,
Komisi Tinggi jika Anda memperkenalkan pelanggan

Hubungi perusahaan: (Suzaninvestment@gmail.com)

Email pribadi saya: (Ammisha1213@gmail.com)

waktu itu pedang