Kamis, Desember 11, 2008

BELAJAR BERQURBAN

Hari Senin, tepat tanggal 9 Djulhijjah 1429 Hiijriyah, ummat Islam seluruh Indonesia melaksanakan sholat iedhul adha. Seperti tahun-tahun sebelumnya, siswa dan guru di SMA 74 jakarta selatan melaksanakan pemotongan hewan qurban untuk dibagikan kepada para mustahik disekitar sekolah.

suasana menjelang sholat iedul adha
di lapangan basket depan masjid al maarif

Pembelajaran berbagi melalui pemotongan hewan qurban dan diserahkan oleh siswa kepada penduduk sekitar sekolah yang berhak menerimanya, adalah sarana memberikan pembelajaran sensitifitas atas kepedulian siswa terhadap sesama tanpa memandang latar belakang. Sebagai ummat Islam tentu hal ini sangat bermanfaat dan mengajarkan kepada siswa bahwa kepedulian terhadap muslim lainnya dan umumnya kepada sesama yang fakir dan miskin harus selalu diasah.


Proses pemotongan hewan qurban

Pendidikan qurban sejatinya akan menumbuhkan kesalehan sosial yang luar biasa dampaknya baik secara sosial maupun perekonomian masyarakat. Mobilitas peredaran uang yang tinggi menjelang hari raya iedul adha menunjukkan denyut perekonomian berkembang pesat pada masyarakat di hampir setiap daerah. Hal inilah mungkin salah satu hikmah mengapa Allah SWT memerintahkan muslim untuk melaksakan Qurban setiap hari raya Iedul Adha.

Tidak ada komentar:

waktu itu pedang