Senin, Januari 28, 2008

Kerviel, pialang 5 milyar

Seorang anak muda berpendapatan 100 ribu euro setahun, yakin bahwa dirinya telah menemukan formula transaksi yang baru. Dia dapat melakukan transaksi yang di luar kewenangannya di pasar dengan nilai hampir 50 miliar euro, atau sekitar Rp 690 triliun, atau setara dengan PDB Kuba atau Slovenia, atau kalau dibelikan mobil seharga Rp 1 miliar bisa dapat 690 ribu mobil!!! (kompas, 28 Januari 2008).

Sesuatu yang sangat luar biasa dilakukan oleh seorang Kerviel, atau tepatnya Jerome Kerviel.
Jerome Kerviel, yang telah menghanguskan uang Rp 67 triliun di tempat kerjanya, Societe Generale, salah satu bank terbesar di Perancis, tanpa disadari telah menjadi pahlawan, menurut The Independent, si manusia 5 miliar euro ini, secara tidak sengaja telah menyelamatkan dunia dari resesi.

Persoalannya, si anak 5 milyar ini telah mempermalukan bank terkemuka tersebut. Bagaimana tidak, bank yang sangat ketat tersebut mampu dibobol oleh seorang "pialang ingusan".

Menjadi pelajaran yang sangat berharga buat pemerintah di mana saja, terutama bank sentral agar tidak kecolongan seperti bank Societe Generale.

Tidak ada komentar:

waktu itu pedang