Sabtu, Oktober 27, 2007

Pelatihan Jardiknas 2007



Pertengahan September 2007, aku diutus untuk ngikutin pelatihan jardiknas. Dalam hati sih bertanya-tanya, pelatihan apalagi nih? Jangan-jangan cuma proyek diknas untk ngumbar-ngumbar uang rakyat? oke, aku ikutin aja, siapa tahu ada gunanya untuk menunjang prfesi aku, guru gitu lho.

jam 10-an aku berangkat dari sekolah sama pak maksum it-nya tupat (tujuh empat). Meski telat, karena habis nyiapin materi untuk akreditasi, aku tetap semangat menahan malu.

Ternyata wow keren juga, baru kali ini aku ngikutin pelatihan yang lumayan lama dan materinya lumayan "bermutu". Bikin presentasi bahan ajar pakai power point, nambah juga ilmunya power point diajarin sama instruktur smk 6 yang ganteng, aku sebut aja mas ganteng, johan. Trus mengunggah bahan ajar ke pelatihan jardiknas, bikin blog meski aku juga udah punya, instruktur alumni smk 6 rek, mas dwi setyadi yang ganteng penuh pesona, jadi nambah juga ilmu blognya aku, hampir semua instrukturnya memang ahlinya dalam bidang IT. keran dan hebat abiz lah.

Ketemu sesama guru yang banyak melek komputer ketimbang aku. Aku sih gaptek banget deh. Ternyata ilmu komputerku baru setipis kulit ari.

Program jardiknas ini akan menjadi baik dan berkembang, manakala peranserta seluruh komponen pendidikan mendukungnya dan berperan aktif, termasuk guru. makanya, guru diajak ikut pelatihan jardiknas ini. Mungkin ini yang melatarbelakangi pelatihan jaringan pendidikan nasional ini. Pelatihan jardiknas ini ternya bukan cuma di jakarta, te tapi hampir diseluruh wilayah Indonesia. asyiknya kita bisa kenalan sesama guru di daerah lain.

Pertengahan ramadhan, aku ngikutin tahap kedua selama dua hari. Materinya bagaimana membuat bahan ajar dengan power point, membuat tulisan e-learning, membuat tulisan-tulisan lain dan membuat tabel dengan excelselanjutnya diunggah kepelatihan jardiknas. Fasilitatornya, pak Abdul Majied, arek Batak, tapi njawani deh. Lucu juga deh, ada yang berhasil mengunggah ada juga yang gagal, raut mukanya itu lho, yang bikin aku tersenyum. ekspresinya ada yang gembira dan ada yang kecewa kecut, pokoknya bikin lupa kalau perut lagi keroncongan.

Setelah ramadhan berlalu, tanggal 26-27 oktober 2007 pelatihan dilanjutin. Biasa, aku sama maksum telat lagi, jam 9 baru sampai di lokasi. ternyata bukan aku aja yang telat, masih banyak lagi. Materinya berkaitan dengan modul KKPI sampai 9 modul. Sementara maksum sesi terakhir ujian on line. Lumayan susah katanya, dia jeblok di materi UU hak cipta, cuma dapat 70-an. Maksum dapet nilai 96. kalau aku nggak tahu deh. Materinya yang ngasih mas johan.

Hari ini, mas dwi yang masih kuliah di UI Ciputat, ngasih materi bagaimana bikin blog dan ndaftar mail ke google. Seperti biasa, ada yang sukses dan ada yang gagal, karena banyak yang akses ke gmail jadi registrasinya banyak juga yang error. Untungnya aku dah punya gmail jauh-jauh hari. Biasa juga, aku diajarin pak tri waktu dia masih di tujuh empat. sekarang dia jadi guru IT di sma 34, pondok labu, sekolah unggulan.

Nah, pelatihannya tinggal 2 kali lagi tanggal 30-31 oktober. hari pertama katanya bikin digital story telling dan hari kedua ujian on lain. Doain ya biar aku dapet lulus dengan nilai baik. Suskes guru Indonesia ......!!!

Tidak ada komentar:

waktu itu pedang