Rabu, Oktober 15, 2008

Kiat Mendorong Keterampilan Berpikir Anak Anda

Keberhasilan dalam hidup akan menyertai anak Anda, jika mereka dapat membangun keterampilan berpikir yang kokoh sejak usia dini. Berikut ini beberapa cara sederhana untuk menolong meningkatkan keterampilan berpikir anak di rumah.

1. Mainkan beberapa permainan bersama anak Anda. Permainan kata dan permainan yang mengandung unsur strategi menolong anak melihat masalah dengan cara yang berbeda.

2. Dorong anak-anak untuk menulis. Misalnya menulis buku harian atau surat kepada kerabat. Hasil sempurna dari membaca adalah menulis. "Orang yang mampu menulis dengan baik memiliki kemampuan berpikir yang unggul," kata Sava, seorang pakar dan pemikir.

3. Jawablah semua pertanyaan sederhananya. Misalnya, mengapa langit itu biru? Mengapa hujan datang dari atas? Anak-anak yang banyak bertanya adalah pemikir-pemikir kreatif.

4. Bantulah anak Anda melihat hubungan di sekitarnya. Misalnya bagaimana singa mirip dengan kucing. Dengan demikian anak dapat berpikir lentur, yakni dapat menemukan pemecahan lain ketika solusi pertamanya atas sebuah masalah gagal menjawab persoalan.

5. Menonton TV bersama. Berbicaralah tentang karakter, jalan cerita, moral cerita yang ditonton. Bahkan bisa juga Anda mengajar anak-anak tentang manajemen (Sekolah Manajemen) belanja dengan melihat berbagai iklan produk di TV.

6. Singkapkan dunia ini kepada anak Anda. Museum, taman bermain, tempat-tempat bersejarah, maupun kota-kota yang belum pernah dikunjungi dapat membangkitkan rasa ingin tahu anak dan memacu pikirannya.

7. Kembangkan kegiatan membaca, baik dibacakan atau membaca sendiri. Membaca menyingkapkan pengetahuan dan pengalaman kepada anak-anak. (Kalam Hidup) ___

___________________________________ Sumber: www.glorianet.org

Tidak ada komentar:

waktu itu pedang